Hobi Belanja Online? Simak 5 Tips Belanja di Tokopedia yang Aman dan Hemat Ratusan Ribu

Saya kira, Tokopedia selaku Marketplace raksasa Indonesia, adalah pilihan menarik untuk berbelanja. Karena tanpa harus antri, kepanasan, Anda bisa belanja apapun di sana. Tapi, sayangnya belanja di sana tidak semudah yang dibayangkan. Kadang, kemahalan, produk rusak. Sampai penipuan. Anda butuh tips untuk menghindari semua itu.

Wajar. Marketplace ibaratnya pasar. Banyak orang berdagang di sana. Pilihan pedagang yang tepat akan menjauhkan Anda dari segala kerugian berbelanja. Tapi, pertanyaannya; Anda baru kenal Tokopedia, apakah harus menunggu sekian tahun dulu baru bisa belanja? Tentu tidak. Anda bisa menyimak beberapa panduan di bawah ini.

1. Pastikan Punya Akun Tokopedia

Halaman pendaftaran Tokopedia

Penting sekali. Pastikan Anda punya akun Tokopedia. Agar Anda bisa menikmati segala fasilitas yang ada. Karena jika Anda direct selling, atau beli dari penyalur, tentu saja fasilitas tidak akan bisa dinikmati. Untuk membuat akun Tokopedia, Anda cukup membuka website tersebut. Dan bisa mendaftar dengan email atau akun Facebook.

Selain dengan akun di atas, bisa juga dengan nomor hape. Sebab, Tokopedia memiliki basic mobile juga. Jadi, soal kenyamanan dijamin banget.

2. Cek Ulasan dan Informasi Toko

Contoh informasi Toko di Tokopedia

Ulasan akan membantu Anda melihat kredibiltas dan pelayanan dari toko. Cara ini cukup mudah. Silahkan pilih salah satu toko, kemudian klik ulasan seperti gambar di atas. Selain bisa melihat kualitas layanan penjual, Anda juga bisa melihat apakah penjual tersebut bisa dipercaya atau tidak.

Selain ulasan, Anda juga bisa cek informasi Toko. Yang serius jualan, biasanya semuanya dilengkapi. Jika alamat jelas, potensi aman dan nyaman juga bagus. Misalnya, jika Anda mencari Baju Koko Rabbani terbaru dan Harganya jangan cuma melihat model serta harga. tapi juga data penjualan dan semua yang disebutkan di atas.

3. Cari Toko dengan Jumlah dagangan Banyak dan Barang Terjual Banyak

Halaman reputasi dan keterangan kualitas pelayanan toko

Pedagang besar, tentu barang dagangannya update. Jadi, pastikan Anda belanja dari toko yang jumlah dagangan banyak. Kenapa? karena, yang dagangan cuma 1, atau bahkan kurang dari 5, umumnya tidak aktif. Bahkan bisa jadi penipuan dengan modus transfer di luar rekber Toped.

Sebagai contoh, beberapa waktu lalu, saya belanja Sepatu Pria Casual, maka saya cari informasi bukan cuma ketersediaan barang. Tapi juga kualitas pelayanan, barang terjual, ulasan. Dari sini, saya akan tahu apakah penjual rekomended? baik dalam pelayanan atau semisalnya.

Loading...

4. Tokopedia adalah Rekber, Jangan Transaksi di Luar itu

Salah satu sebab tertipu belanja di Tokopedia, karena bayar di luar Tokopedia. Ingat! Tokopedia adalah rekber, artinya, jika barang yang Anda beli rusak, cacat, atau bahkan tidak dikirim uang akan kembali. Dalam hal ini pihak Tokopedia adalah “penengah” bukan makelar, lo, ya!

Nah, makanya buat akun Tokopedia. Untuk bisa menikmati fiturnya. Saya pernah belanja Baju Batik Pria untuk bapak, saya, tapi ukuran yang disampaikan beda dengan yang tertera di lapak penjual. Maka, saya pakai fitur komplain. Persoalan akan ditengahi oleh pihak Manajemen Tokopedia. Untuk memakai layanan komplain juga mudah kok. Simak gambar di bawah ini.

5. Jangan Bayar dulu, Cari Coupon Cashback

Serius. Selain gratis ongkir, banyak kupon atau code cashback. Bahkan, saya sering dapat cashback sampai 100 ribuan. Gambar di atas salah satu cashback yang saya peroleh. Bukan hanya belanja busana, atau semisalnya. Tapi cahsback juga bisa berlaku untuk bayar listrik, tagihan PDAM. Dan berbagai tagihan lainnya.

Bayangkan, cashback antara 10 -30%, artinya jika Anda belanja 500 ribu, potensi cashback antara 50 sampai 150 ribu. Bukan hanya itu, program gratis ongkir juga sering ada. Menarik bukan?

Kelebihan Belanja di Tokopedia

  • Barang lengkap dan mudah dijangkau. Karena tidak harus keluar dari rumah.
  • Harga Kompetitif
  • Banyak Pilihan toko. Tidak kalah dengan pasar konvensional
  • Potensi dapat uang kembali sampai ratusan ribu
  • Mudah dalam proses pembelian, pembayaran, tidak ribet. Karena menerima semua jenis pembayaran konvensional di Indonesia

Kekurangan Belanja di Tokopedia

  • Tidak adanya edukasi atau minimal halaman panduan belanja untuk pemula. Sehingga, potensi pemula yang gaptek akan semakin bingung. Karena hanya ada halaman untuk penjual saja.
  • Lamanya proses report barang ilegal. Misal, produk bajakan ingin dilaporkan ke admin. Ini butuh waktu lama dan belum tentu aproved.
  • Filter toko dengan barang minimum yang harus ada pada display belum ada. Makanya, banyak toko mati, tidak aktif, bahkan toko fiktif. Sebab, mendaftar di Tokopedia masih bebas, tidak spesifik sebagai pembeli atau penjual. Jadi, di sini juga potensi penipuan terbuka lebar.

Kesimpulan:

Tidak ada gading yang tidak retak. Semua buatan mahluk Tuhan ada kekurangan. Tokopedia, meski masih banyak kekurangan, namun saya setuju jika dia menjadi Marketplace Andalan Indonesia.

Soal inovosi dalam dunia market place, Tokopedia adalah nomor satu. Tentu saja, belanja di Tokopedia 99 persen direkomedasikan. Mengingat tingkat akurasi keamanan akun dan sistemnya juga sudah tinggi. Apalagi sekarang, ada fitur kontak admin. Penangangan sengketa pembelia atau semisalnya ditangani secara profesional.

Loading...

Ingin punya dress batik spesial? Buat saja di ROU!








Loading...
Hobi Belanja Online? Simak 5 Tips Belanja di Tokopedia yang Aman dan Hemat Ratusan Ribu | arya wibisana | 4.5